Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS X DI MAN temanggung
ABSTRAK
Khasanah, Wakhidatul. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep Materi Ekosistem pada Siswa Kelas X di MAN Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas, Pemahaman Konsep, Materi Ekosistem Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya era revolusi industri 4.0 yang dalam aspek pendidikan ditandai dengan munculnya pembelajaran di abad 21. Pembelajaran abad 21 menuntut guru untuk mendesain pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga diharapkan dapat memacu kreativitas dan pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik. Akan tetapi, pembelajaran di MAN Temanggung masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Dengan demikian, diperlukan suatu model pembelajaran yaitu model pembelajaran berbasis berbasis proyek, yang diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap kreativitas dan pemahaman konsep siswa. Tujuan pembelajaran dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dan pemahaman konsep materi ekosistem pada siswa kelas X MAN Temanggung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X di MAN Temanggung, dan sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui analisis deskriptifdan analisis inferensial melalui uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kreativitas dan pemahaman konsep siswa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa (1) hasil kreativitas uji Mann Whitney memiliki nilai Asymp. Sig (2- tailed) 0.000; (2) hasil pemahaman konsep memiliki nilai Asym. Sig (2-tailed) 0.000. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil daripada 0,05. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran bebasis proyek memberikan pengaruh terhadap kreativitas dan pemahaman konsep siswa pada materi ekosistem. Kesimpulan dari penelitian ini, yakni terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas dan pemahaman konsep siswa kelas X MAN Temanggung.
5-UN57.U1-SPB-III-2024 | BIOLOGI KHA P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain