Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X MAN temanggung
ABSTRAK
Novitami, Nadifa Hafsa. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X MAN Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: Window Shooping, Mind Mapping, Materi Virus, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar Pendidikan merupakan proses dari pembangunan nasional yang mempunyai peranan sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, karena sumber daya manusia adalah motor penggerak pembangunan nasional. Pada pembelajaran abad ke-21 pendidikan di Indonesia menekankan segala keterampilan yang harus dimiliki guru dan siswa. Keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke 21 yaitu pemahaman konsep. Namun, mengembangkan kemampuan pemahaman konsep itu rumit. Para siswa harus memiliki motivasi tinggi dan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, guru harus mampu menyediakan media pembelajaran yang baik sehingga dapat mengelola minat siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara di MAN Temanggung terkait kemampuan siswa dalam mengomunikasikan materi masih kurang aktif dan belum optimalnya motivasi belajar. Salah satu solusi atas permasalahan tersebut ialah dengan penerapan model pembelajaran window shopping berbantuan mind mapping. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran window shopping berbantuan mind mapping terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa di MAN Temanggung. Metode penelitian mengunakan quasi-experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Temanggung. Sampel penelitian diambil dari populasi yang terdiri dari dua kelas X yaitu, kelas X-L sebagai kelas eksperimen dan kelas X-K sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan soal pretest-posttest pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda dan motivasi belajar berbentuk angket yang dilengkapi indikator motivasi belajar menurut Darwis dan Hardiansyah, diantaranya adanya hasrat dan kemauan untuk berhasil, adanya harapan dan cita – cita untuk masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, tekun menghadapi tugas, ulet menghadapi kesulitan, dan adanya dorongan untuk belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi α=0,05 yang dianalisis dengan bantuan propgram SPSS statistic 25.
4-UN57.U1-SPB-II-2024 | BIOLOGI NOV P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain