Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS MODEL SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP
ABSTRAK
Hana, Diarti R. 2024. “Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Search Solve Create and Share (SSCS) Pada Materi Getaran dan Gelombang Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Modul pembelajaran, model SSCS, keterampilan proses sains, getaran, dan gelombang
Hasil penelitian TIMSS terkait dengan kemampuan sains siswa Indonesia pada tahun 2018 menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat sembilan besar terendah. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru IPA di SMP N 9 Magelang diperoleh hasil keterampilan proses sains siswa rendah karena bahan ajar siswa masih terbatas, pembelajaran masih bergantung pada bimbingan guru, dan jarang dilakukan pembelajaran yang dapat mengasah keterampilan proses sains siswa. Upaya yang dapat dilakukan guru dalam membantu meningkatkan keterampilan proses sains siswa yakni dengan mengembangkan bahan ajar modul yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri dan memahami materi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, keefektifan, dan praktikalitas dari Modul IPA berbasis model SSCS untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP pada materi getaran dan gelombang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) dimodifikasi menjadi model 3-D (Define, Design, and Develop). Subjek dari penelitian ini terdiri dari dua dosen IPA Universitas Tidar, tiga guru IPA SMP N 9 Magelang, 28 siswa kelas IX B, dan 29 siswa kelas VIII A. Data dari proses pengembangan bersumber dari angket validasi ahli, hasil belajar pretest-posttest siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dari validitas modul pembelajaran oleh validator ahli sebesar 0,83 dengan kategori validitas sangat tinggi dan layak digunakan. Analisis keefektifan modul IPA berbasis model SSCS dari hasil nilai pretest dan posttest menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,80 dengan kategori peningkatan tinggi. Praktikalitas modul IPA berbasis model SSCS mendapat respon baik dari siswa dengan perolehan presentase sebesar 88,3% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, menunjukkan bahwa pengembangan Modul IPA berbasis model SSCS pada materi getaran dan gelombang efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP.
16-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA RES P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain