Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA SMP PADA TOPIK ZAT ADITIF DAN adiktif
ABSTRAK
Amala, Nikmah Khoiru. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Siswa SMP pada Topik Zat Aditif dan Adiktif”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata kunci: Argumentasi, Argument Driven Inquiry (ADI), Zat Aditif dan adiktif
Proses pendidikan IPA, mengkaji mengenai kejadian-kejadian di alam sekitar yang diterapkan menggunakan pendekatan ilmiah, sehingga siswa dituntut untuk mampu mempraktikkan dan mengkomunikasikan hasil yang diperoleh selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif jenis quasi experimental dengan desain non- equivalent control group design. Populasi yang digunakan yaitu semua siswa kelas VIII SMPN 3 Muntilan. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa instrumen tes berbentuk soal esai. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Wilcoxon untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol antara nilai pretets dan postest hasilnya sama yaitu 0,00 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Hasil uji Mann Whitney pada nilai pretest yaitu 0.702 > 0.05, yang artinya tidak ada perbedaan. Sedangkan pada nilai postest hasilnya 0,000 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Pada hasil uji N- Gain kelas eksperimen sebesar 0,7053 kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol hanya 0,5367 kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) yang diterapkan mampu meningkatkan keterampilan argumentasi siswa lebih tinggi dari pada yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
15-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA AMA P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain