PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA SMP PADA TOPIK ZAT ADITIF DAN adiktif

NIKMAH KHOIRU AMALA - Nama Orang;

ABSTRAK
Amala, Nikmah Khoiru. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Siswa SMP pada Topik Zat Aditif dan Adiktif”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata kunci: Argumentasi, Argument Driven Inquiry (ADI), Zat Aditif dan adiktif
Proses pendidikan IPA, mengkaji mengenai kejadian-kejadian di alam sekitar yang diterapkan menggunakan pendekatan ilmiah, sehingga siswa dituntut untuk mampu mempraktikkan dan mengkomunikasikan hasil yang diperoleh selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan argumentasi siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Metode penelitian yang digunakan berupa kuantitatif jenis quasi experimental dengan desain non- equivalent control group design. Populasi yang digunakan yaitu semua siswa kelas VIII SMPN 3 Muntilan. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa instrumen tes berbentuk soal esai. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Wilcoxon untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol antara nilai pretets dan postest hasilnya sama yaitu 0,00 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Hasil uji Mann Whitney pada nilai pretest yaitu 0.702 > 0.05, yang artinya tidak ada perbedaan. Sedangkan pada nilai postest hasilnya 0,000 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Pada hasil uji N- Gain kelas eksperimen sebesar 0,7053 kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol hanya 0,5367 kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) yang diterapkan mampu meningkatkan keterampilan argumentasi siswa lebih tinggi dari pada yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.


Ketersediaan
15-UN57.U1-SI-VI-2024IPA AMA P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA AMA P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;134HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik