Text
SKRIPSI MENGURANGI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN STRATEGI ANTICIPATION guides
ABSTRAK
Purnamasari, Novi. (2023). “Mengurangi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor Menggunakan Strategi Anticipation Guides”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: anticipation guides, miskonsepsi, menurunkan
Pemahaman konsep sangat penting sebagai bekal untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal pada penilaian akhir siswa. Siswa dalam memahami konsep tidak boleh mengalami kekeliruan yang dinamakan miskonsepsi. Miskonsepsi keberadaannya tidak terdeteksi saat tidak mendapat tantangan konsep lain, maka dari itu miskonsepsi dapat dipandang sebagai bahaya laten. Miskonsepsi dapat terjadi karena siswa tidak memahami konsep, salah satunya disebabkan pemahaman membaca siswa rendah. Salah satu upaya untuk mengurangi miskonsepsi yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran yang variatif. Strategi anticipation guides merupakan strategi yang membantu siswa berpikir kritis, sehingga siswa dapat memahami konsep yang dipelajari. Strategi ini diterapkan dengan meminta siswa menanggapi serangkaian pernyataan yang berkaitan dengan isi materi teks. Adapun topik yang dipilih pada penelitian ini ialah suhu dan kalor, karena suhu dan kalor merupakan konsep abstrak yang mempunyai pengaruh nyata dan dapat diterapkan, serta relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga hal tersebut memungkinkan terjadinya miskonsepsi.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas strategi anticipation guides dalam menurunkan miskonsepsi siswa pada topik suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen kuantitatif dengan rancangan Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas VII MTs An-Nawawi 02 Salaman, dengan sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa three tier diagnostic test pilihan ganda sebanyak 12 soal dengan diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu. Hasil data yang telah dianalisis menunjukkan bahwa hasil uji t yaitu 0,000
14-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA PUR M 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain