Text
SKRIPSI ANALISIS PERBANDINGAN ASPEK SCIENTIFIC EXPLANATION PADA BUKU TEKS IPA SMP KELAS VII KURIKULUM MERDEKA MATERI GERAK DAN gaya
ABSTRAK
Aisyah. (2024). “Analisis Perbandingan Aspek Scientific Explanation Pada Buku Teks IPA SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka Materi Gerak dan Gaya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kuguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Bapak Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Ibu Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Buku Teks IPA, Scientific Explanation, Gerak dan gaya
Scientific explanation berperan penting bagi peserta didik, karena memungkinkan peserta didik untuk menjelaskan fenomena secara spesifik dengan mendefinisikan konsep secara ilmiah berdasarkan bukti yang ada. Namun berdasarkan wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa guru belum mengetahui secara pasti kandungan aspek scientific explanation pada buku teks yang digunakan tersebut. Pentingnya aspek scientific explanation bagi peserta didik dan penerapannya yang masih rendah, maka proses pembelajaran perlu dikemas sedemikian rupa agar dapat menghasilkan kemampuan peserta didik dalam menjelaskan suatu fenomena secara ilmiah berdasarkan bukti yang ada dengan memasukkan aspek scientific explanation dalam buku teks. Buku teks yang digunakan dalam penelitian ini yaitu buku teks IPA terbitan Kemendikbud, Erlangga, dan Yudhistira.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan aspek scientific explanation pada masing-masing buku teks IPA kelas VII kurikulum merdeka. Pendekatan yag digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode content analysis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kajian isi dokumen. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu uji reliabilitas dengan uji antar-rater. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode perbandingan tetap yang meliputi tahapan reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan hipotesis kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pola scientific explanation yang ditemukan pada masing-masing buku teks, buku teks yang paling banyak ditemukan total claim yaitu buku teks IPA terbitan Yudhistira dan terbitan Erlangga yaitu sebanyak 34 claim. Dibandingkan dengan buku teks IPA Terbitan Kemendikbud ditemukan claim paling sedikit yaitu 27 claim.
Hasil penelitian juga didapatkan 3 level scientific explanation yaitu level 1, level 2, dan level 3. Buku teks yang mengandung level 1 paling banyak adalah buku teks terbitan yudhistira yaitu sebanyak 26,47%. Buku teks yang mengandung level 2 paling banyak adalah buku teks terbitan Erlangga yaitu sebanyak 38,23%. Buku teks yang mengandung level 3 paling banyak adalah buku teks terbitan Erlangga yaitu sebanyak 44,12%. Banyak ditemukan buku teks yang sudah memenuhi komponen utama dari scientific explanation itu sendiri. Oleh karena itu, ketiga sampel buku teks tersebut dapat digunakan sebagai upaya dalam melatih peserta didik dalam memprediksi sesuatu sesuai dengan penalaran secara ilmiah berdasarkan bukti yang ada.
13-UN57.U1-SI-VI-2024 | IPA AIS A 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain