Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK SMP KELAS viii
ABSTRAK
Widiawati, Rantika. 2024. “Keefektifan Pembelajaran Guided Inquiry Dalam Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Peserta Didik SMP Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: model pembelajaran, guided inquiry, kreativitas ilmiah, keefektifan
Kreativitas ilmiah penting dalam pembelajaran Abad 21 karena kreativitas ilmiah mencakup kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan analitis untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, peserta didik juga dapat berinovasi dalam menciptakan produk baru ataupun solusi baru yang bermanfaat untuk masyarakat melalui kreativitas ilmiah. Pentingnya kreativitas ilmiah bertolak belakang dengan kondisi yang ada di lapangan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa terdapat beberapa cara agar kreativitas ilmiah dapat ditingkatkan salah satunya melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry. Dalam pembelajaran guided inquiry terdapat aspek-aspek keterampilan proses sains sehingga mampu melatih kreativitas ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis sejauh mana keefektifan pembelajaran guided inquiry dalam meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis non- equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Magelang. Sampel penelitian ini meliputi kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. instrumen penelitian berupa tes tertulis berbentuk essay sebanyak 7 butir soal berdasarkan instrumen SCT (Science Creativity Test) yang dikembangkan oleh Hu dan Addey (2002) yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Independent Sample t- Test sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan setelah diberikan perlakuan. Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,65 yang termasuk dalalm kategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran guided inquiry efektif dalam meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik.
12-UN57.U1-SI-V-2024 | IPA WID K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain