PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK SMP KELAS viii

RANTIKA WIDIAWATI - Nama Orang;

ABSTRAK
Widiawati, Rantika. 2024. “Keefektifan Pembelajaran Guided Inquiry Dalam Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Peserta Didik SMP Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: model pembelajaran, guided inquiry, kreativitas ilmiah, keefektifan
Kreativitas ilmiah penting dalam pembelajaran Abad 21 karena kreativitas ilmiah mencakup kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis dan analitis untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, peserta didik juga dapat berinovasi dalam menciptakan produk baru ataupun solusi baru yang bermanfaat untuk masyarakat melalui kreativitas ilmiah. Pentingnya kreativitas ilmiah bertolak belakang dengan kondisi yang ada di lapangan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa terdapat beberapa cara agar kreativitas ilmiah dapat ditingkatkan salah satunya melalui penerapan model pembelajaran guided inquiry. Dalam pembelajaran guided inquiry terdapat aspek-aspek keterampilan proses sains sehingga mampu melatih kreativitas ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis sejauh mana keefektifan pembelajaran guided inquiry dalam meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis non- equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Magelang. Sampel penelitian ini meliputi kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. instrumen penelitian berupa tes tertulis berbentuk essay sebanyak 7 butir soal berdasarkan instrumen SCT (Science Creativity Test) yang dikembangkan oleh Hu dan Addey (2002) yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Independent Sample t- Test sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan setelah diberikan perlakuan. Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,65 yang termasuk dalalm kategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran guided inquiry efektif dalam meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik.


Ketersediaan
12-UN57.U1-SI-V-2024IPA WID K 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WID K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;172HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik