Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK smp
ABSTRAK
Pasaribu, Tiur. 2024. “Efektivitas Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama dan Hasil Belajar Kognitif Pesreta Didik SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: TGT, Keterampilan Kerjasama, hasil belajar kognitif, efektivitas
vi ABSTRAK Pasaribu, Tiur. 2024. “Efektivitas Model Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama dan Hasil Belajar Kognitif Pesreta Didik SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: TGT, Keterampilan Kerjasama, hasil belajar kognitif, efektivitas Keterampilan kerjasama ialah kemampuan untuk bekerja dalam tim dengan menggabungkan antar individu guna mencapai tujuan bersama. Pembelajaran abad-21 membutuhkan keterampilan kerjasama karenan pusatnnya adalah peserta didik. Hasil belajar IPA yang rendah ditunjukkan dari nilai rata-rata masih dibawah KKM yang ditentukan yaitu 75. Keterampilan kerjasama yang rendah ditunjukkan dari hasil observasi sesuai indikator yang digunakan dalam penelitian ini. Sehingga, diperlukan sebuah inovasi baru dalam menerapkan model pembelajaran materi IPA salah satunya adalah model TGT. Model TGT dapat digunakan agar peserta didik tertarik dan aktif belajar materi IPA. Tujuan dari penelitian menguji keefektifan model TGT dalam meningkatkan keterampilan kerjasama dan hasil belajar kognitif peserta didik SMP materi Bumi dan Tata Surya. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment design. Adapun desain penelitian ini yaitu non equivalent control group design. Peneliti menggunakan sampel kelas VII A dan VII C dengan teknik purposive sampling yang setiap kelasnya terdiri dari 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji N-Gain keterampilan kerjasama kelas eksperimen yang menerapkan model TGT adalah 0,55 kategori sedang dan kelas kontrol 0,30 kategori rendah. Uji N-Gain hasil belajar kelas eksperimen 0,67 kategori tinggi dan kelas kontrol 0,43 kategori sedang. Uji korelasi dalam penelitian ini adalah 0,02. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model TGT efektif meningkatkan keterampialn kerjasama dan hasil belajar kognitif peserta didik SMP.
11-UN57.U1-SI-V-2024 | IPA PAS E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain