PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA DI SMP CANDIREJO borobudur

RIZQI DWI WIDYASTUTI - Nama Orang;

ABSTRAK
Widyastuti, Rizqi Dwi. 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Praktikum Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Suhu Dan Perubahannya di SMP Candirejo Borobudur”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, M.Pd.
Kata kunci : Hasil belajar kognitif, praktikum virtual, model pembelajaran inkuiri
Pembelajaran yang dilaksanakan oleh seorang guru dan siswa dalam intansi pembelajaran formal disebut dengan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar akan mendapatkan hasil sesuai dengan kemampuan siswa berdasarkan penilaian akhir dari kegiatan pembelajaran dan pemahaman ulang yang disebut hasil belajar. Pada saat observasi yang dilakukan di SMP Candirejo Borobudur, model pembelajaran yang sering digunakan yaitu model konvensional atau ceramah sehingga pembelajaran hanya terkesan monoton dan kurang baik. Fokus penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar kognitif siswa dengan model inkuiri berbasis praktikum virtual. Selain itu, tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum virtual dalam meningkatkan hasil belajar kognitif. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum virtual dan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian semu. Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Desain. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VII A dan VII B. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini untuk memastikan sejumlah faktor tidak berpengaruh pada pengumpulan data yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Faktor-faktor tersebut yaitu jumlah siswa dan guru di setiap kelas VII adalah sama. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen pretest-posttest. Hasil penelitian menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk pretest dan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa uji hipotesis kurang dari 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri memperoleh hasil belajar yang berbeda dibandingkan siswa yang tidak menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri. Saran yang dapat dilakukan oleh guru dapat menggunakan model inkuiri berbasis praktikum virtual pada pembelajaran. Saran lain yaitu mengharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat menghitung hasil belajar pada ranah kognitif dengan metode yang lebih efektif dan sesuai dengan variabel yang berbeda.


Ketersediaan
10-UN57.U1-SI-V-2024IPA WID K 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA WID K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIII;100HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik