Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA DI SMP CANDIREJO borobudur
ABSTRAK
Widyastuti, Rizqi Dwi. 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Praktikum Virtual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Suhu Dan Perubahannya di SMP Candirejo Borobudur”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, M.Pd.
Kata kunci : Hasil belajar kognitif, praktikum virtual, model pembelajaran inkuiri
Pembelajaran yang dilaksanakan oleh seorang guru dan siswa dalam intansi pembelajaran formal disebut dengan kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar akan mendapatkan hasil sesuai dengan kemampuan siswa berdasarkan penilaian akhir dari kegiatan pembelajaran dan pemahaman ulang yang disebut hasil belajar. Pada saat observasi yang dilakukan di SMP Candirejo Borobudur, model pembelajaran yang sering digunakan yaitu model konvensional atau ceramah sehingga pembelajaran hanya terkesan monoton dan kurang baik. Fokus penelitian ini adalah perbedaan hasil belajar kognitif siswa dengan model inkuiri berbasis praktikum virtual. Selain itu, tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum virtual dalam meningkatkan hasil belajar kognitif. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada ranah kognitif dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbasis praktikum virtual dan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian semu. Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Desain. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VII A dan VII B. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini untuk memastikan sejumlah faktor tidak berpengaruh pada pengumpulan data yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Faktor-faktor tersebut yaitu jumlah siswa dan guru di setiap kelas VII adalah sama. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen pretest-posttest. Hasil penelitian menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk pretest dan nilai signifikansi sebesar 0,000 untuk posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa uji hipotesis kurang dari 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri memperoleh hasil belajar yang berbeda dibandingkan siswa yang tidak menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis inkuiri. Saran yang dapat dilakukan oleh guru dapat menggunakan model inkuiri berbasis praktikum virtual pada pembelajaran. Saran lain yaitu mengharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat menghitung hasil belajar pada ranah kognitif dengan metode yang lebih efektif dan sesuai dengan variabel yang berbeda.
10-UN57.U1-SI-V-2024 | IPA WID K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain