Text
SKRIPSI ANALISIS TEMA ESD (EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT) PADA BUKU TEKS IPA KELAS VII KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN ASPEK BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN masalah
ABSTRAK
Kurnia, Syakira Alfi. 2024. “Analisis Tema ESD (Education For Sustainable Development) pada Buku Teks IPA Kelas VII Kurikulum Merdeka Berdasarkan Aspek Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.
Education for Sustainable Development (ESD) mengintegrasikan pemahaman lingkungan masa depan ke dalam kurikulum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pembangunan berkelanjutan. ESD mengembangkan sikap positif dan nilai-nilai terhadap keberlanjutan, membekali siswa dengan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam pendidikan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tema ESD dalam buku teks IPA SMP/MTs Kelas VII Kurikulum Merdeka dan mengevaluasi integrasi keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam tema tersebut. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis konten perbandingan, pengumpulan data melibatkan telaah konten dokumen. Keabsahan data dipastikan melalui uji reliabilitas. Temuan menunjukkan tema ESD yang dominan dalam buku teks Kementerian Pendidikan, berfokus pada perubahan iklim dan pendidikan air, sedangkan biodiversitas mendominasi buku teks Erlangga. Keduanya mengintegrasikan aspek berpikir kritis dan pemecahan masalah, dengan Kementerian Pendidikan menekankan berpikir kritis level 1 dan Erlangga mencakup level 1 dan 2. Berpikir kritis terutama ditemukan dalam penjelasan pada buku teks IPA Kemendikbud dan penjelasan-kesimpulan untuk Erlangga. Mengenai pemecahan masalah, keduanya mencakup semua tahap, dengan Kementerian Pendidikan lebih memilih empat tahap dan Erlangga menekankan pemecahan masalah dua tahap, terutama understanding the problem and devising a plan.
Kata Kunci: Buku Teks IPA, Education for Sustainable Development, berpikir kritis, pemecahan masalah
9-UN57.U1-SI-V-2024 | IPA KUR A 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain