Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN OPEN ENDED LEARNING (OEL) BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA
ABSTRAK
Celine Alfiona. 2024. Keefektifan Open Ended Learning (OEL) Berbantuan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci : Open ended learning berbantuan video, Hasil Belajar Kognitif, Keterampilan Komunikasi ilmiah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya mengetahui keterampilan komunikasi ilmiah dan hasil belajar kognitif siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dan pengaruh keterampilan komunikasi ilmiah terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian non-equivalent control group yang menggunakan dua kelas, kelas eksperimen yang menerapkan OEL berbantuan video dan kelas control menerapkan Discovery Learning tanpa berbantuan media penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen belajar kognitif berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 soal pretest posttest dan soal keterampilan komunikasi ilmiah meliputi pretest posttest dengan 5 soal uraian yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil analisis uji T pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran OEL berbantuan video efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMP kelas VIII. (2) Hasil uji T pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi menunjukkan bahwa pembelajaran OEL berbantuan video efektif meningkatkan keterampilan komunikai ilmiah siswa SMP kelas VIII. (3) Hasil analisis regresi atau penggunaan R Square sebesar 0,714 atau 71,4% dapat dikatakan bahwa keterampilan komunikasi ilmiah berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.
8-UN57.U1-SI-IV-2024 | IPA ALF K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain