Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TURNAMENT DENGAN MEDIA GAME WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA smp
ABSTRAK
Rukmana, Puput. (2023). “Penerapan Model Pembelajaran Team Games Turnament Dengan Media Game Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament), Game wordwall
Berdasarkan hasil penelitian PISA, Indonesia mengalami penurunan pada PISA 2018 yaitu skor rata-rata kemampuan sains 396 (Tohir, 2015). Hasil tersebut menunjukkan bahwa minat belajar peseta didik di Indonesia masih rendah sehingga mempengaruhi pada hasil belajar. Hasil wawancara dengan guru IPA Kelas VII SMP Penda Tawangmangu menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa masih rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi yaitu salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan game wordwall diketahui dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar kognitif siswa SMP menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan game wordwall. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Instrumen hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal dan instrumen minat belajar berupa 20 soal pernyataan. Instrumen penelitian telah diuji validitasnya. Hasil analisis data pada minat belajar diperoleh hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,32 dan kelas kontrol sebesar 0,19.
Hasil uji independent samples test yaitu 0,014 < 0,05 artinya terdapat perbedaan peningkatan minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data hasil belajar kognitif siswa diperoleh bahwa hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,509 dan kelas kontrol sebesar 0,340. Hasil uji independent samples test yaitu 0,01 < 0,05 artinya terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan game wordwall.
6-UN57.U1-SI-III-2024 | IPA RUK P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain