PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TURNAMENT DENGAN MEDIA GAME WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA smp

PUPUT RUKMANA - Nama Orang;

ABSTRAK
Rukmana, Puput. (2023). “Penerapan Model Pembelajaran Team Games Turnament Dengan Media Game Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament), Game wordwall
Berdasarkan hasil penelitian PISA, Indonesia mengalami penurunan pada PISA 2018 yaitu skor rata-rata kemampuan sains 396 (Tohir, 2015). Hasil tersebut menunjukkan bahwa minat belajar peseta didik di Indonesia masih rendah sehingga mempengaruhi pada hasil belajar. Hasil wawancara dengan guru IPA Kelas VII SMP Penda Tawangmangu menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa masih rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi yaitu salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan game wordwall diketahui dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar kognitif siswa SMP menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan game wordwall. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Instrumen hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal dan instrumen minat belajar berupa 20 soal pernyataan. Instrumen penelitian telah diuji validitasnya. Hasil analisis data pada minat belajar diperoleh hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,32 dan kelas kontrol sebesar 0,19.
Hasil uji independent samples test yaitu 0,014 < 0,05 artinya terdapat perbedaan peningkatan minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data hasil belajar kognitif siswa diperoleh bahwa hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,509 dan kelas kontrol sebesar 0,340. Hasil uji independent samples test yaitu 0,01 < 0,05 artinya terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan game wordwall.


Ketersediaan
6-UN57.U1-SI-III-2024IPA RUK P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA RUK P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIII;140HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik