PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMP SELAMA MEMBACA BUKU TEKS IPA: STUDI PADA TOPIK GETARAN DAN gelombang

ALDITYA BAGUS ZAMRONI - Nama Orang;

ABSTRAK
Zamroni, Alditya Bagus. 2024. “Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Selama Membaca Buku Teks IPA: Studi Pada Topik Getaran dan Gelombang”. Skripsi. Progam Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr, Ahmad Muhlisin, S.Pd., M.Pd. Materi getaran dan gelombang merupakan materi yang bersifat abstrak sehingga siswa sering mengalami miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi yang terjadi pada siswa selama membaca buku teks IPA sebagai representasi pemahaman pada topik getaran dan gelombang. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis konten. Analisis miskonsepsi dilakukan dengan menggunakan lembar kerja siswa anticipation guides. Lembar kerja ini digunakan untuk alat menganalisis miskonsepsi siswa selama membaca buku teks IPA pada materi getaran dan gelombang. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII Saintek di SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid Kabupaten Magelang. Buku teks berperan penting dalam representasi pemahaman siswa dari informasi yang didapat dalam buku teks. Jika informasi yang diperoleh siswa itu tidak tepat atau tidak sesuai, maka siswa akan mengalami miskonsepsi. Hasil temuan menunjukkan bahwa pada setiap konsep lembar kerja terdapat siswa yang mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi yang dialami siswa adalah bertolak belakang dengan konsep yang sebenarnya. Jawaban pada lembar kerja terdapat pada buku teks IPA yang dibaca siswa, akan tetapi siswa yang mengalami miskonsepsi tidak dapat menjawab dengan tepat. Sebagian siswa mengalami miskonsepsi dapat menyebutkan alasan dengan tepat namun, salah atau tidak sesuai dalam memilih pada kolom benar atau salah ataupun sebaliknya dan sebagian siswa tidak paham. Kemampuan setiap siswa menentukan bagaimana mereka dapat memahami suatu konsep. Untuk itu siswa sangat membutuhkan bimbingan dari guru.
Kata Kunci: Buku teks, getaran dan gelombang, miskonsepsi.


Ketersediaan
5-UN57.U1-SI-III-2024IPA ZAM A 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ZAM A 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;157HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik