Text
SKRIPSI ANALISIS KINERJA DAN PELAYANAN STASIUN KERETA API (STUDI KASUS : STASIUN PURWOSARI)
ABSTRAK
Kepadatan ruang tunggu di Stasiun Purwosari pada jam-jam tertentu menunjukkan bahwa Stasiun Purwosari belum memenuhi standar kenyamanan yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 63 Tahun 2019. Untuk mengetahui apakah ada aspek lain yang perlu ditingkatkan, perlu dilakukan analisis lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur nilai kinerja dan pelayanan Stasiun Purwosari menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI), serta membandingkan hasil dari kedua metode tersebut. Metode IPA dan CSI digunakan karena hanya mengukur tingkat kepentingan dan kinerja berdasarkan persepsi pengguna. Penelitian ini menggunakan 5 variabel, yaitu tangibles (bukti fisik) dengan 9 subvariabel, reliability (keandalan) dengan 1 subvariabel, responsiveness (ketanggapan) dengan 3 subvariabel, assurance (jaminan) dengan 2 subvariabel, dan empathy (empati) dengan 2 subvariabel. Berdasarkan analisis menggunakan metode IPA, variabel tangibles termasuk ke dalam Kuadran I, variabel reliability dan empathy termasuk ke dalam Kuadran II, variabel responsiveness termasuk ke dalam Kuadran III, variabel assurance termasuk ke dalam Kuadran IV. Analisis menggunakan metode CSI menunjukkan tingkat kepuasan pengguna Stasiun Purwosari sebesar 77,58% yang termasuk dalam kategori puas, sedangkan analisis metode IPA diperoleh nilai sebesar 92,92% termasuk dalam kategori sangat puas. Namun, ada beberapa subvariabel yang kinerjanya perlu ditingkatkan, yaitu bangku di ruang tunggu, dan toilet disabilitas di Stasiun Purwosari. Terdapat perbedaan nilai tingkat kepuasan terhadap kinerja dengan data yang sama dikarenakan analisis CSI menghitung bobot faktor tertimbang dan skor tertimbang sedangkan analisis IPA tidak. Analisis CSI lebih cocok digunakan untuk mengukur kepuasan secara menyeluruh, sedangkan analisis IPA lebih cocok digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan subvariabel.
Kata kunci : Stasiun Purwosari, analisis kinerja dan pelayanan, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI)
21-UN57.U1-STS-V-2024 | SIPIL FAR A 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain