Text
SKRIPSI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA magelang
ABSTRAK
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai terhadap Kepuasan Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang FATYA ARTHA NAMIRA (2010201058) Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Segala usaha digencarkan pemerintah Indonesia dalam mewujudkan tujuan nasional yang tertuang pada alinea keempat Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasar data Perpustakaan Nasional dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tahun 2022, diketahui bahwa angka melek huruf masyarakat Indonesia masih masuk pada kategori sedang, yakni berada pada angka 64,48 dari skala 100. Upaya yang dapat dilakukan pemerintah dalam meningkatkan minat litersasi bangsa ialah melalui pelayanan berupa penyediaan fasilitas perpustakaan di berbagai daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja pegawai terhadap kepuasan pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari responden, yakni pemustaka yang berkunjung ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang. Teknik analisis data memakai Uji Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu : (1) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pemustaka dengan nilai Thitung 4,924 > Ttabel 1,661. (2) Kinerja Pegawai berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pemustaka dengan nilai Thitung 2,179 > Ttabel 1,661. (3) Kualitas Pelayanan dan Kinerja Pegawai berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pemustaka dengan nilai pengaruh sebesar 53,1%. Dengan begitu, maka nilai Ha diterima serta Ho ditolak karena kualitas layanan dan kinerja pegawai memberi pengaruh terhadap kepuasan pemustaka.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kinerja Pegawai, Kepuasan pemustaka
23-UN57.U1-SSP-VI-2024 | ADMINISTRASINEGARA NAM P 2024 | Ruang Skripsi (ADMINISTRASI NEGARA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain