Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WONDERING EXPLORING EXPLAINING (WEE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN SELF DIRECTED learning
ABSTRAK Nurtsaniyah, Sherlya. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Directed Learning”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran WEE, Self Directed Learning¸ Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 12 Magelang masih menunjukkan tingkat yang rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi dalam model pembelajaran, sehingga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran menjadi kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dalam kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran WEE dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan tingkat self directed learning tinggi, sedang, dan rendah. Selanjutnya, menganalisis interaksi antara model pembelajaran dan self directed learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi experimental research dengan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Magelang tahun ajaran 2023/2024. Sedangkan sampel penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi, lembar validasi, pedoman wawancara, angket self directed learning, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Proses analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji anava dua arah, dan uji komparasi ganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran WEE terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis; (2) terdapat perbedaan antara siswa yang memiliki tingkat self directed learning tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran WEE dan self directed learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.
28-UN57.U1-SPM-V-2024 | MATEMATIKA NUR P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain