Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII smp
ABSTRAK
Laras, Intan Sukma, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan E-Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, E-Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Kemampuan pemahaman konsep perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan terutama untuk menghadapi era globalisasi. Kemampuan pemahaman konsep juga perlu diterapkan dalam dunia pendidikan khususnya untuk siswa, karena dengan memahami konsep dasar siswa akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dan mampu menghadapi tantangan - tantangan baru yang muncul. Berdasarkan tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di SMPN 6 Magelang, diperoleh hasil nilai rata-rata tes masih berada di kategori sangat rendah. Kegiatan pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran langsung. Hal tersebut mengakibatkan siswa cenderung pasif dan kurang antusisas dalam pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP yang diajarkan menggunakan model CTL berbantuan e-learning. Selain itu, tujuan lainnya yaitu untuk menganalisis perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model CTL berbantuan e-learning dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung berbantuan e-learning.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Bentuk desain yang dipakai adalah posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelasVIII di SMPN 6 Magelang. Sampel dari penelitian ini siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, uji proporsi, dan uji independent sample t test
29-UN57.U1-SPM-V-2024 | MATEMATIKA LAR P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain