PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII smp

INTAN SUKMA LARAS - Nama Orang;

ABSTRAK
Laras, Intan Sukma, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan E-Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, E-Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Kemampuan pemahaman konsep perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan terutama untuk menghadapi era globalisasi. Kemampuan pemahaman konsep juga perlu diterapkan dalam dunia pendidikan khususnya untuk siswa, karena dengan memahami konsep dasar siswa akan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan dan mampu menghadapi tantangan - tantangan baru yang muncul. Berdasarkan tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII di SMPN 6 Magelang, diperoleh hasil nilai rata-rata tes masih berada di kategori sangat rendah. Kegiatan pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model pembelajaran langsung. Hal tersebut mengakibatkan siswa cenderung pasif dan kurang antusisas dalam pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP yang diajarkan menggunakan model CTL berbantuan e-learning. Selain itu, tujuan lainnya yaitu untuk menganalisis perbandingan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model CTL berbantuan e-learning dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung berbantuan e-learning.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Bentuk desain yang dipakai adalah posttest only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelasVIII di SMPN 6 Magelang. Sampel dari penelitian ini siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, uji proporsi, dan uji independent sample t test


Ketersediaan
29-UN57.U1-SPM-V-2024MATEMATIKA LAR P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA LAR P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVII;207HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik