Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN APLIKASI MATH CITY MAP (MCM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS siswa
ABSTRAK
Astuti, Dias Dwi. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Math City Map (MCM) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Inkuiri Terbimbing, Math City Map (MCM)
Kemampuan pemecahan masalah matematis suatu kegiatan untuk mencari penyelesaian dari masalah matematika yang dihadapi siswa dengan menggunakan semua bekal pengetahuan matematika yang dimiliki dengan sejumlah startegi. Kemampuan pemecahan masalah sangat dibutuhkan siswa karena dengan menyelesaikan suatu permasalahan, maka siswa mampu bersikap responsif, peka terhadap lingkungan sekitar, dan mampu mengambil keputusan untuk bekal di masa yang akan mendatang. Namun, fakta yang ditemui di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan tes kemampuan awal pada kelas IX SMP N 3 Kebakkramat masih tergolong sangat rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi Math City Map (MCM) secara klasikal. Tujuan berikutnya adalah menganalisis efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan aplikasi Math City Map (MCM) dibandingkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh dua kelas, yaitu 9 E sebagai kelas eksperimen dan kelas 9 C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes, lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar validitas soal. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat normalitas dengan uji Liliefors dan homogenitas dengan uji Hartley, serta uji kesamaan rerata dengan uji Independent Sample t-Test. Uji hipotesis menggunakan uji proporsi dengan uji statistik z serta uji Independent Sample t-Test.
36-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA AST E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain