Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA TEKA TEKI SILANG TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI statistika
ABSTRAK
Oktaviani, Rizqi Mega. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Media Teka-teki Silang Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Team Assisted Individualization, Teka-teki Silang. Salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Standar kemampuan proses yang harus dikuasai dalam matematika ada lima yaitu kemampuan pemecahan masalah, kemampuan koneksi, kemampuan komunikasi, kemampuan penalaran dan pembuktian, serta kemampuan representasi. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu dari kelima kemampuan proses yang mengharuskan siswa untuk menguasainya ketika menyelesaikan permasalahan matematika. Hasil tes awal yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 5 Magelang diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah dengan rata-rata 53,63. Hal ini disebabkan karena siswa masih kesulitan dalam menerjemahkan masalah matematika yang bersifat abstrak yang berkaitan dengan masalah sehari-hari kemudian mengubahnya ke dalam bentuk matematika dan siswa tidak mampu menemukan solusi dari suatu permasalahan yang diberikan sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa kurang berkembang dengan baik. Berdasarkan permasalahan, dapat ditentukan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Tujuan yang dimaksud adalah menganalisis ketuntasan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI berbantuan media teka-teki silang; dan menganalisis keefektifan model pembelajaran TAI dengan berbantuan media teka-teki silang dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, sedangkan desain yang digunakan penelitian ini adalah the non equivalent posttest-only control group design. Teknik sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling. Sampel yang dipilih yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen, kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan kelas VIII A sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui uji proporsi Z dan uji independent sample t-test.
15-UN57.U1-SPM-II-2024 | MATEMATIKA OKT E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain