Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN KOMIK DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIK SISWA smp
ABSTRAK
Atmaja, Viena Trisnanti. 2024. “Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Komik Digital terhadap Kemampuan Penalaran Statistik Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Paskalia Pradanti, M.Pd.
Kata Kunci: Statistika, Kemampuan Penalaran Statistik, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Komik Digital. Kemampuan penalaran statistik adalah kemampuan dalam memahami data, mengolah data, dan mengaplikasikan pemahaman statistik untuk mengambil suatu keputusan atau penarikan kesimpulan yang bersumber dari data sehingga dibutuhkan dalam pembelajaran statistika. Rata-rata tes awal di SMP Negeri 1 Tegalrejo menunjukan bahwa kemampuan penalaran statistik pada kategori kurang. Hal tersebut dipengaruhi karena penggunaan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Penggunaan model pembelajaran akan lebih baik dan optimal apabila didukung dengan adanya media pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan inovasi untuk mengatasi kurangnya kemampuan penalaran statistik siswa. Upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan komik digital. Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, untuk menganalisis peningkatan kemampuan penalaran statistik siswa dalam materi statistika yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan komik digital. Kedua, menganalisis peningkatan kemampuan penalaran statistik siswa dalam materi statistika yang menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan komik digital. Ketiga, menganalisis keefektifan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan komik digital dibandingkan model pembelajaran langsung berbantuan komik digital dalam materi statistika terhadap peningkatan kemampuan penalaran statistik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 219 siswa. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian dengan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, angket, teknik tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu, analisis data awal dan analisis data akhir.
35-UN57.U1-SPM-VII-2024 | MATEMATIKA ATM E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain