Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL WINDOW SHOPPING BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS siswa
ABSTRAK
Nisa, Zulfatun. 2024. “Pengaruh Model Window Shopping Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Nina Agustyaningrum, M.Pd., Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M.Pd.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Model Window Shopping, Pembelajaran Berdiferensiasi.
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif menjadi permasalahan yang penting dalam pendidikan saat ini. Kemampuan ini penting untuk menghadapi tantangan kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Hasil tes awal di kelas X MAN 1 Magelang menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan membandingkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran window shopping berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X MAN 1 Magelang, dengan sampel yang dipilih melalui metode cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematis sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data dilaksanakan dengan uji independent sample t-test dan uji Wilcoxon.
26-UN57.U1-SPM-V-2024 | MATEMATIKA NIS P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain