Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BUKU SAKU E-YANG (ETNOMATEMATIKA WAYANG GUNUNGAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI kesebangunan
ABSTRAK
Chasanah, Alifatul. 2024. “Pengembangan Buku Saku E-yang (Etnomatematika Wayang Gunungan) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Kesebangunan”. Skripsi. Proram Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M.Pd.
Kata Kunci: Buku Saku Matematika, Kemampuan Representasi Matematis, Kesebangunan
Bahan ajar adalah sesuatu yang diyakini dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan pengalaman siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran matematika berbasis budaya yang disebut dengan etnomatematika dapat melatih kemampuan representasi matematis siswa. Representasi matematis menjadi elemen penting dalam implementasi pembelajaran matematika dengan menyajikan ke dalam berbagai model matematika berwujud gambar, simbol, dan kata-kata atau kalimat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan dan kepraktisan pengembangan buku saku matematika E-yang untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis pada materi kesebangunan. Tujuan lain penelitian ini yaitu menganalisis keefektifan buku saku matematika E-yang untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis pada materi kesebangunan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian & pengembangan dengan model 4D. Model ini terdiri dari empat langkah yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP IT Ihsanul Fikri Mungkid kelas VII yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang terpilih pada penelitian ini adalah kelas VII E yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah angket kebutuhan bahan ajar, pedoman wawancara, angket validasi, angket respon, lembar observasi, dan soal tes kemampuan representasi matematis. Teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan kevalidan buku saku E-yang menghasilkan 0,78 katgeori valid oleh ahli materi dan menghasilkan 0,77 kategori valid oleh ahli media. Hasil kepraktisan media sebesar 94,6% oleh respon guru dan 84,2% untuk respon siswa. Uji normalitas mendapatkan nilai pretest dan posttest dikatakan berdistribusi normal. Nilai pretest dan posttest siswa memiliki perbedaan rata-rata yang signifikan. Hasil N-Gain yang diperoleh mengindikasikan bahwa memiliki peningkatan sebesar dengan 0,781 kategori tinggi.
Dari hasil pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku saku E-yang (Etnomatematika Wayang Gunungan) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis pada materi kesebangunan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan. Peneliti berharap akan ada pengembangan buku saku lainnya terutama pada pembelajaran matematika untuk menambah semangat belajar siswa.
32-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA CHA P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain