PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS siswa

FITRIYANTI - Nama Orang;

ABSTRAK

Fitriyanti, 2024. “Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, M.Sc., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, M.Pd.

Kata Kunci: E-learning, Flipped Classroom, Kemampuan Representasi Matematis, Moodle.
Kemampuan representasi matematis menjadi salah satu kemampuan yang penting dalam penerapan pembelajaran matematika. Penggunaan representasi matematis yang sesuai dengan permasalahan dapat menjadikan gagasan dan ide-ide matematika lebih konkret. Rendahnya kemampuan representasi matematis di SMA Negeri 2 Magelang menjadi suatu permasalahan tersendiri. Siswa masih kesulitan menyelesaikan permasalahan matematika dalam berbagai bentuk representasi matematis. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kurangnya waktu pembelajaran di kelas yang membuat siswa kurang dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran elearning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom.
Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, tes, dan observasi. Tiga ahli materi dan tiga ahli media menguji validitas e-learning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI F3.1 SMA Negeri 2 Magelang.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-learning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Pengembangan media ini diharapkan dapat menjadi suatu jembatan bagi siswa untuk memahami materi dengan mudah dan dapat menyelesaikan permasalahan dengan berbagai bentuk representasi matematis. Hasil penelitian menyatakan bahwa e-learning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom ditinjau dari kevalidan dari ahli materi dengan persentase sebesar 90% berkategori sangat valid dan kevalidan dari ahli media dengan persentase sebesar 92,3% berkategori sangat valid. Berdasarkan angket kepraktisan media dari siswa dan guru diperoleh hasil sebesar 78,8% dalam kategori praktis. Berdasarkan analisis keefektifan dari nilai pretest dan posttest menggunakan rumus N-Gain diperoleh hasil 0,7 dengan kategori sedang sehingga e-learning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom efektif digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Dalam menggunakan media e-learning selanjutnya, disarankan memberikan simulasi cara penggunaannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.


Ketersediaan
25-UN57.U1-SPM-V-2024MATEMATIKA FIT P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA FIT P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVIII;260HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik