Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS siswa
ABSTRAK
Fitriyanti, 2024. “Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, M.Sc., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, M.Pd.
Kata Kunci: E-learning, Flipped Classroom, Kemampuan Representasi Matematis, Moodle.
Kemampuan representasi matematis menjadi salah satu kemampuan yang penting dalam penerapan pembelajaran matematika. Penggunaan representasi matematis yang sesuai dengan permasalahan dapat menjadikan gagasan dan ide-ide matematika lebih konkret. Rendahnya kemampuan representasi matematis di SMA Negeri 2 Magelang menjadi suatu permasalahan tersendiri. Siswa masih kesulitan menyelesaikan permasalahan matematika dalam berbagai bentuk representasi matematis. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kurangnya waktu pembelajaran di kelas yang membuat siswa kurang dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan media pembelajaran elearning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom.
Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, tes, dan observasi. Tiga ahli materi dan tiga ahli media menguji validitas e-learning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI F3.1 SMA Negeri 2 Magelang.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-learning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Pengembangan media ini diharapkan dapat menjadi suatu jembatan bagi siswa untuk memahami materi dengan mudah dan dapat menyelesaikan permasalahan dengan berbagai bentuk representasi matematis. Hasil penelitian menyatakan bahwa e-learning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom ditinjau dari kevalidan dari ahli materi dengan persentase sebesar 90% berkategori sangat valid dan kevalidan dari ahli media dengan persentase sebesar 92,3% berkategori sangat valid. Berdasarkan angket kepraktisan media dari siswa dan guru diperoleh hasil sebesar 78,8% dalam kategori praktis. Berdasarkan analisis keefektifan dari nilai pretest dan posttest menggunakan rumus N-Gain diperoleh hasil 0,7 dengan kategori sedang sehingga e-learning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom efektif digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis moodle dengan model pembelajaran flipped classroom memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Dalam menggunakan media e-learning selanjutnya, disarankan memberikan simulasi cara penggunaannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.
25-UN57.U1-SPM-V-2024 | MATEMATIKA FIT P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain