Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA HALAMAN cover
ABSTRAK
Fahrani, N.R. 2024 “Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan GeoGebra terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih „Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Dita Aldila Krisma, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), GeoGebra, Kemampuan Representasi Matematis.
Kemampuan representasi matematis merupakan kompetensi dasar bagi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menggunakan berbagai jenis representasi, termasuk gambar, tabel, grafik, simbol matematika, merumuskan persamaan, dan mengungkapkannya dengan kata-kata. Berdasarkan hasil tes awal terungkap bahwa kemampuan representasi matematis siswa di SMP Negeri 10 Kota Magelang masih tergolong rendah.
Tujuan penelitian ini ialah mengevaluasi secara klasikal kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang didukung oleh Geogebra, menganalisis kemampuan representasi matematis siswa yang menerima pembelajaran langsung, dan membandingkan kemampuan representasi matematis di antara kedua kelompok siswa tersebut.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimental pada populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Magelang pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, di mana kelas VIII F dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan representasi matematis, wawancara dengan guru, dan observasi lapangan.
33-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA FAH E 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain