Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS siswa
ABSTRAK
Wardhani, Ardhia Siva. 2024. ”Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M,Pd., dan Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Representasi Matematis.
Berdasarkan hasil observasi pembelajaran diketahui bahwa model yang digunakan guru masih terkesan monoton. Pernyataan tersebut juga sesuai dengan hasil wawancara peneliti dengan guru bahwa model pembelajaran yang digunakan kurang mampu menunjang kemampuan representasi matematis siswa. Hasil tes yang dilakukan di salah satu kelas juga membuktikan hanya 38,13 skor kemampuan representasi matematis siswa atau masih tergolong rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS), mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan tujuan selanjutnya adalah mendeskripsikan model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam materi bilangan kompleks.
Penelitian ini adalah jenis kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen semu atau quasi experiments. Desain penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design. Untuk menganalisis data yaitu dengan membandingkan hasil Pretest – Posttest dua sampel sebanyak 33 siswa dari kelas XI 1 dan 33 siswa dari kelas XI 2 di SMA Negeri 5 Magelang.
27-UN57.U1-SPM-V-2024 | MATEMATIKA WAR P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain