PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS siswa

ARDHIA SIVA WARDHANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Wardhani, Ardhia Siva. 2024. ”Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M,Pd., dan Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Representasi Matematis.
Berdasarkan hasil observasi pembelajaran diketahui bahwa model yang digunakan guru masih terkesan monoton. Pernyataan tersebut juga sesuai dengan hasil wawancara peneliti dengan guru bahwa model pembelajaran yang digunakan kurang mampu menunjang kemampuan representasi matematis siswa. Hasil tes yang dilakukan di salah satu kelas juga membuktikan hanya 38,13 skor kemampuan representasi matematis siswa atau masih tergolong rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS), mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan tujuan selanjutnya adalah mendeskripsikan model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam materi bilangan kompleks.
Penelitian ini adalah jenis kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen semu atau quasi experiments. Desain penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design. Untuk menganalisis data yaitu dengan membandingkan hasil Pretest – Posttest dua sampel sebanyak 33 siswa dari kelas XI 1 dan 33 siswa dari kelas XI 2 di SMA Negeri 5 Magelang.


Ketersediaan
27-UN57.U1-SPM-V-2024MATEMATIKA WAR P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA WAR P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIX;207HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik