Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS siswa
ABSTRAK Lunica, Mydha. 2024. “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Alat Peraga, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Project Based Learning Pemahaman konsep matematika sangat penting untuk siswa, karena konsep matematika yang berkaitan satu sama lain sehingga untuk mempelajarinya harus runtut dan berkesinambungan. Pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis belum sebanding dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki siswa. Hal tersebut dialami siswa kelas VIII tahun ajaran 2022/2023 SMP N 1 Bawang yang mempunyai rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis. Hal tersebut diperkuat dengan hasil tes kemampuan awal yang masih tergolong rendah yang termuat pada interval ≤ 59 dengan rata-rata 38,39 dengan jumlah 64 siswa pada dua kelas. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan kurangnya inovasi model pembelajaran. Dalam upaya menyikapi masalah pemahaman konsep matematis siswa, model pembelajaran memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model permbelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan alat peraga dan ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas IX yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan alat peraga dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa kuasi-eksperimen dengan menggunaan desain posttest only control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 64 siswa, 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi.
21-UN57.U1-SPM-III-2024 | MATEMATIKA LUN P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain