PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS siswa

MYDHA LUNICA - Nama Orang;

ABSTRAK Lunica, Mydha. 2024. “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Alat Peraga, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Project Based Learning Pemahaman konsep matematika sangat penting untuk siswa, karena konsep matematika yang berkaitan satu sama lain sehingga untuk mempelajarinya harus runtut dan berkesinambungan. Pentingnya kemampuan pemahaman konsep matematis belum sebanding dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki siswa. Hal tersebut dialami siswa kelas VIII tahun ajaran 2022/2023 SMP N 1 Bawang yang mempunyai rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis. Hal tersebut diperkuat dengan hasil tes kemampuan awal yang masih tergolong rendah yang termuat pada interval ≤ 59 dengan rata-rata 38,39 dengan jumlah 64 siswa pada dua kelas. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan kurangnya inovasi model pembelajaran. Dalam upaya menyikapi masalah pemahaman konsep matematis siswa, model pembelajaran memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan pemahaman konsep yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model permbelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan alat peraga dan ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas IX yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan alat peraga dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berupa kuasi-eksperimen dengan menggunaan desain posttest only control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 64 siswa, 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi.


Ketersediaan
21-UN57.U1-SPM-III-2024MATEMATIKA LUN P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA LUN P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVIII;171HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik