Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBANTUAN FLIPBOOK PADA MATERI PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR KELAS IX MTs UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR kritis
ABSTRAK Rahma, S.Y. 2023. “Pengembangan E-Modul Matematika Berbantuan Flipbook pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Kelas IX MTs untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : e-modul, flipbook, kemampuan berpikir kritis Matematika dianggap penting dan mempunyai banyak manfaat untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Matematika mempunyai peranan untuk mengembangkan kemampuan berpikir jernih, kritis, kreatif, dan metodis. Kemampuan tersebut dapat mengajarkan siswa bagaimana cara mengumpulkan, mengatur, dan mengaplikasikannya. Meskipun demikian, kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX MTs Negeri 5 Kebumen masih relatif sangat rendah. Akibatnya, diperlukannya kemajuan teknologi baru dalam pendidikan. Menggunakan e-modul menggunakan flipbook adalah salah satu cara untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul berbantuan flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE oleh Branch. Lima fase utama dari model pengembangan ini adalah Analyze, Design, Development,Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan pada siswa MTs kelas IX di MTs Negeri 5 Kebumen dengan sampel berjumlah satu kelas yang terdiri dari 33 siswa. Dalam penelitian ini, tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi semuanya digunakan sebagai metode pengumpulan data. Kuesioner validasi ahli materi dan ahli media untuk menunjukkan kevalidian media. Pengisian angket respon guru dan siswa pada kuesioner menunjukkan kepraktisan. Hasil uji paired t-test dan N-Gain digunakan untuk menentukan efektivitas berdasarkan hasil pretest dan posttest. Media yang dikembangkan memperoleh skor persentase masing-masing 84,07% dengan kategori sangat valid oleh ahli materi dan 80% dengan kategori valid oleh ahli media. Menurut kuesioner respon guru, kepraktisan media mendapatkan persentase 83,33% dengan kategori sangat praktis, sementara respon siswa mendapatkan persentase 81% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji paired t-test diperoleh nilai thitung sebesar -7,2603 dan ttabel sebesar -2,0345. Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis sebelum dan setelah penggunaan media. Dengan demikian media dinyatakan efektif dengan skor hasil uji NGain sebesar 0,325 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa e-modul berbantuan flipbook dianggap valid, praktis, dan efektif untuk membahas materi perpangkatan dan bentuk akar matematika kelas IX untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Selanjutnya, produk perlu dikembangkan lebih lanjut dengan materi lain, materi yang mendalam, dan latihan soal yang lebih variatif.
20-UN57.U1-SPM-III-2024 | MATEMATIKA RAH P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain