Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “PIMKA” BERBASIS ADOBE ANIMATE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI segiempat
ABSTRAK
Kata Kunci: PIMKA, Adobe Animate, Multimedia pembelajaran interaktif, Kemampuan Pemahaman Matematis Perkembangan teknologi begitu pesat. Informasi yang dapat diperoleh secara cepat dan mudah menjadikan pendidikan tidak lepas dari teknologi. Akan tetapi masih banyak pendidik yang belum mampu mengoptimalkan perkembangan teknologi. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan pemahaman matematis. Berdasarkan tes awal kemampuan pemahaman matematis yang telah dilaksanakan, yakni kemampuan pemahaman matematis peserta didik masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata sebesar 42. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis adalah memberikan bantuan berupa multimedia interaktif dalam pembelajaran. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, ditentukan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif “PIMKA” berbasis Adobe yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi segiempat. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE, yaitu dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SMP N 3 Secang. Penelitian dilakukan dengan desain one group, pretest, posttest, dengan kelas VII C sebagai kelas yang diberikan perlakuan. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran berbantuan multimedia interaktif “PIMKA” berbasis Adobbe Animate. Hasil penelitian ini adalah produk “PIMKA” yang masuk pada kategori sangat valid berdasarkan analisis hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase sebesar 86% dan hasil validasi oleh ahli media sebesar 80%. Produk “PIMKA” yang dikembangakan telah memenuhi krieria kepraktisan, yakni dengan persentase sebesar 85% berdasarkan hasil angket respon guru yang berarti masuk pada kriteria sangat praktis serta berdasarkan hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 84% yang berarti masuk pada kriteria sangat praktis pula. Kemudian, produk “PIMKA” juga sudah dinyatakan efektif berdasarkan hasil uji N-gain sebesar 0.700 yakni masuk pada kategori cukup efektif. Terdapat peningkatan nilai rata-rata dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan, simpulan yang dapat ditarik adalah multimedia pembelajaran interaktif “PIMKA” yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. “PIMKA” dapat diimplementasikan dalam proses kegiatan belajar mengajar.
16-UN57.U1-SPM-II-2024 | MATEMATIKA WIC P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain