PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “PIMKA” BERBASIS ADOBE ANIMATE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI segiempat

BAGAS GALUH WICAKSONO - Nama Orang;

ABSTRAK
Kata Kunci: PIMKA, Adobe Animate, Multimedia pembelajaran interaktif, Kemampuan Pemahaman Matematis Perkembangan teknologi begitu pesat. Informasi yang dapat diperoleh secara cepat dan mudah menjadikan pendidikan tidak lepas dari teknologi. Akan tetapi masih banyak pendidik yang belum mampu mengoptimalkan perkembangan teknologi. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan pemahaman matematis. Berdasarkan tes awal kemampuan pemahaman matematis yang telah dilaksanakan, yakni kemampuan pemahaman matematis peserta didik masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata sebesar 42. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis adalah memberikan bantuan berupa multimedia interaktif dalam pembelajaran. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, ditentukan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif “PIMKA” berbasis Adobe yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik pada materi segiempat. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan dengan model ADDIE, yaitu dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SMP N 3 Secang. Penelitian dilakukan dengan desain one group, pretest, posttest, dengan kelas VII C sebagai kelas yang diberikan perlakuan. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran berbantuan multimedia interaktif “PIMKA” berbasis Adobbe Animate. Hasil penelitian ini adalah produk “PIMKA” yang masuk pada kategori sangat valid berdasarkan analisis hasil validasi oleh ahli materi dengan persentase sebesar 86% dan hasil validasi oleh ahli media sebesar 80%. Produk “PIMKA” yang dikembangakan telah memenuhi krieria kepraktisan, yakni dengan persentase sebesar 85% berdasarkan hasil angket respon guru yang berarti masuk pada kriteria sangat praktis serta berdasarkan hasil angket respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 84% yang berarti masuk pada kriteria sangat praktis pula. Kemudian, produk “PIMKA” juga sudah dinyatakan efektif berdasarkan hasil uji N-gain sebesar 0.700 yakni masuk pada kategori cukup efektif. Terdapat peningkatan nilai rata-rata dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan, simpulan yang dapat ditarik adalah multimedia pembelajaran interaktif “PIMKA” yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. “PIMKA” dapat diimplementasikan dalam proses kegiatan belajar mengajar.


Ketersediaan
16-UN57.U1-SPM-II-2024MATEMATIKA WIC P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA WIC P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVI;247HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik