Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANCE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS xi
ABSTRAK Arumsari, Wahyu Suci. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II Yesi Franita, M.Sc.
Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Ketuntasan Klasikal, dan Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan mengekspresikan ide-ide matematika, kemampuan memahami, menginterprestasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematika, dan kemampuan dalam menggunakan istilahistilah, notasi-notasi matematis secara lisan dan tulisan. Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran diperlukan dalam aktivitas di dalam juga di luar kelas dan kemampuan komunikasi matematis penting untuk menentukan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Dari hasil pengamatan di lapangan siswa kurang dalam mengomunikasikan pemahaman mereka ke dalam jawaban secara sistematis. Rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis pada tes kemampuan awal komunikasi matematis yang dilakukan pada 72 siswa Kelas XI SMA N 5 Purworejo memperoleh rata-rata sebesar 53,402 dengan kategori sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran rotating trio exchange mencapai ketuntasan secara klasikal. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dibandingkan model pembelajaran rotating trio exchange dan dengan model pembelajaran langsung. Desain penelitian ini adalah kuantitatif berupa the nonequivalent posttestonly control group design. Cluster random sampling digunakan dalam memilih dua kelas sampel pada kelas XI di SMA N 5 Purworejo, yaitu kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 2 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas wawancara, tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data awal menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji kesamaan rata-rata. Analisis data akhir menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji hipotesis dengan uji statistik z, dan uji independent sample t-test.
18-UN57.U1-SPM-II-2024 | MATEMATIKA ARU P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain