Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI MAN temanggung
ABSTRAK Pramesthi, Dewi., 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MAN Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing 1 Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd.
Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model SQ3R, Model Langsung Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar agar dapat menguasai ilmu matematika. Selain itu, tujuan dari pembelajaran matematika adalah agar dapat memahami konsep dari suatu materi matematika yang dipelajari. Kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas XI MAN Temanggung dan diperoleh rata-rata 34,578 yang masih tergolong rendah. Untuk itu, peneliti melakukan pengujian terhadap model SQ3R terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh model SQ3R terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, serta pengaruh model langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Selanjutnya kedua pengaruh akan diperbandingkan agar dapat diketahui model pembelajaran yang lebih berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experimental (eksperimen semu) sebagai desain penelitian yakni the non-equivalent post-test only control group. Penelitian menggunakan teknik random sampling dalam menentukan sampel, serta data dikumpulkan dengan tes, observasi dan wawancara. Selain itu, instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis, lembar validasi, serta perangkat pembelajaran. Uji kemampuan awal dianalisis dengan uji prasyarat yaitu uji homogenitas serta uji normalitas. Kemudian, post-test dianalisis dengan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas, serta pengujian hipotesis menggunakan uji Chi Square untuk mengetahui adanya pengaruh dari model yang digunakan karena tidak memenuhi syarat normalitas distribusi data. Selanjutnya, untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan antar kedua model, dilakukan uji Mann Whitney karena distribusi datanya tidak normal.
17-UN57.U1-SPM-II-2024 | MATEMATIKA PRA P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain