Text
SKRIPSI STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKPD DENGAN STAD BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK smp
ABSTRAK Yunanto, M., T. 2024 “Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan LKPD dengan STAD Berbantuan Media Konkret terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., pembimbing II Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, LKPD, Media konkret, STAD Pendidikan merupakan unsur utama dalam menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing di masa depan. Kemampuan literasi matematis penting dimiliki karena dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dan mengatasi masalah matematis. Berdasarkan tes kemampuan awal terkait kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Karangdowo didapatkan hasil rata-rata 38,51 dengan kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan literasi matematis peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan LKPD secara klasikal, kemudian untuk menganalisis ketuntasan kemampuan literasi matematis peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan media konkret secara klasikal serta untuk menganalisis perbandingan kemampuan literasi matematis peserta didik dengan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan LKPD dengan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan media konkret. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian quasi experimental dengan posttest only control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian dilakukan di SMP N 2 Karangdowo. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini ialah soal tes kemampuan literasi matematis, lembar observasi, pedoman wawancara dan lembar validasi. Instrumen telah diukur validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Selanjutnya uji hipotesis 1 dan hipotesis 2 menggunakan uji statistik proporsi uji z, sedangkan pada hipotesis 3 menggunakan uji independent sample t-test.
34-UN57.U1-SPM-VI-2024 | MATEMATIKA YUN S 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain