Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK, TALK, WRITE) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS ix
ABSTRAK Sari, Dwi Ratna. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IX”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, TTW, Video Animasi Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa, karena pemecahan masalah dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari. Namun berdasarkan tes kemampuan awal pemecahan masalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Secang mendapatkan hasil nilai rata-rata yang masih sangat rendah. Sebagai solusi meningkatkan kemampuan pemecahan masalah maka diperlukannya model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu (1) menganalisis pencapaian ketuntasan secara klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) berbantuan video animasi, (2) menganalisis pencapaian ketuntasan secara klasikal kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung, serta (3) menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) berbantuan video animasi dibandingkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment. Bentuk quasi experiment yang digunakan pada penelitian ini adalah posttest only control grup design. Sedangkan populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Secang. Sampel pada penelitian ini dipilih melalui cluster random sampling, yang diperoleh kelas IX A sebagai kelas kontrol dan kelas IX D sebagai kelas eskperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini di antaranya observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat normalitas dengan uji Liliefors serta uji homogenitas dengan uji F, dan uji kesamaan rata-rata dengan uji independent sample t-test. Uji hipotesis dihitung menggunakan uji proporsi dan uji independent sample t-test.
31-UN57.U1-SPM-V-2024 | MATEMATIKA SAR P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain