Text
SKRIPSI PERAN PENULIS NASKAH DALAM PEMBUATAN IKLAN “WARRIOR FOR WARRIOR”
ABSTRAK
Jenny Belliyan (2024): Peran Penulis Naskah dalam Iklan “Warrior for Warrior”
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Tidar.
Sebuah iklan efektif yang dapat menarik minat konsumen tidak mungkin terjadi tanpa peran penulis naskah. Begitu juga dengan iklan “Warrior for Warrior”. Dalam dunia periklanan, penulis naskah mempunyai tanggung jawab untuk menyampaikan pesan yang kuat dan persuasif dalam iklan. Dalam konteks iklan sepatu Warrior, penulis naskah berperan dalam menciptakan pesan yang memikat konsumen dengan menggambarkan kekuatan, keandalan, dan inovasi produk tersebut. Dalam iklan “Warrior for Warrior” ini, penulis bermaksud mengajak masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan melalui video iklan yang menarik dan bermakna berupa drama pendek tentang perjuangan seorang ayah yang ingin membelikan sepatu baru untuk anaknya. Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk menjabarkan peran penulis naskah dalam pembuatan iklan “Warrior for Warrior”yang meliputi mengembangkan ide atau storyboard menjadi sebuah naskah atau skenario, ikut dalam pendampingan proses berjalannya shooting dan berkoordinasi dengan sutradara dalam mengarahkan serta memperjelas jalannya cerita sesuai dengan konsep yang telah dibuat, serta melakukan pengecekan kembali hasil take agar sesuai dengan konsep awal pembuatan iklan. Berdasarkan letak geografis dari gudang warrior, marketing difokuskan kedalam zona wilayah Kota Magelang, Jogjakarta dan sekitarnya, dengan batasan usia mulai dari 15 tahun sampai 30 tahun yang memiliki minat terhadap produk sepatu dengan harga terjangkau dan kualitas yang bagus. Untuk sepatu Warrior sendiri ada target audiens sekunder yang disasar yaitu masyarakat SES C-D-E dalam kelas pelajar, mahasiswa hingga karyawan menengah kebawah di masyarakat. Strategi pemasaran yang dilakukan dalam pembuatan iklan “Warrior for Warrior” ini adalah dengan memanfaatkan media sosial instagram dengan cara melakukan kolaborasi melalui Reels di instagram @sepatu_warrior kemudian membagikannya di sosial media sutradara dan seluruh tim yang terlibat dalam produksi iklan ini. Reels Kolaborasi yang dilakukan memiliki insight yang bagus untuk penanyangannya, sehingga pengaruh yang diberikan juga baik untuk penjualan dan promosi sesuai dengan yang diharapkan oleh Owner dan penulis.
Kata Kunci: Iklan, Penulis Naskah, Peran Penulis Naskah, Strategi pemasaran iklan
22-UN57.U1-SIK-VII-2024 | KOMUNIKASI BEL P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain