Text
SKRIPSI PERAN SUTRADARA DALAM PEMBUATAN VIDEO IKLAN “NEW PRODUCT” BRAND LOKAL IKATIKET
ABSTRAK
(Amelia Santi Anggraeni, 2024)
PERAN SUTRADARA DALAM PEMBUATAN VIDEO IKLAN “NEW PRODUCT” BRAND LOKAL IKATIKET
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Tidar
Iklan merupakan salah satu bentuk promosi untuk menawarkan sebuah produk atau jasa kepada khalayak. Iklan “New Product” Band Lokal Ikatiket ini berisikan tentang video pengenalan produk baru Ikatiket. Tujuan dari iklan ini adalah untuk mengenalkan produk baru Ikatiket kepada khalayak luas. Dalam menciptakan video iklan dibutuhkan peran sutradara dalam proses produksi iklan mulai dari tahap pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Tahap pra-produksi dimulai dari pemilihan crew hingga mengembangkan ide iklan hingga menjadi sebuah naskah. Tahap produksi, sutradara bertanggung jawab untuk mengatur dan memastikan proses shooting berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang telah di rancang pada tahap pra-produksi. Kemudian yang terakhir adalah tahap pasca-produksi, sutradara bertugas untuk mengawasi proses editing sehingga hasilnya menjadi karya yang sesuai dengan yang sudah dikonsep pada tahap pra-produksi. Hasil pembahasan analisis dari video iklan ini menggunakan teknik sinematografi antara lain menggunakan camera movement panning, pengambilan gambar eye level, dan beberapa jenis camera angle (long shot, medium close up, dan close up).
Kata kunci: Iklan, Sinematografi, Sutradara.
16-UN57.U1-SIK-VII-2024 | KOMUNIKASI ANG P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain