Text
TUGAS AKHIR PENYEMPURNAAN SOP SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH PADA LAPORAN REALISASI ANGGARAN DI BPPKAD KABUPATEN MAGELANG
ABSTRAK
Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi prosedur dan pengembangan atas prosedur penggunaan SOP SIPD pada laporan realisasi anggaran di BPPKAD. Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan dokumen yang berisi tentang pedoman kerja setiap organisasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi untuk memperoleh hasil yang maksimal dengan efektif dan efisien. BPPKAD Kabupaten Magelang belum memiliki prosedur yang terperinci, sehingga menyebabkan kesalahan yang terjadi dalam proses input data. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, antara lain observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan BPPKAD Kabupaten Magelang masih terdapat kendala dalam proses input data serta terdapat keterbatasan pemahaman prosedur dari para SKPD. Oleh karena itu, diperlukan penyempurnaan SOP SIPD pada laporan realisasi anggaran secara berkala untuk memastikan prosedur yang dijalankan tetap sesuai dengan peraturan terbaru.
Kata Kunci: Standar Operasional Prosedur (SOP), Penyempurnaan, Laporan Realisasi Anggaran.
4-UN57.U1-D3AK-VI-2024 | AKUNTANSI PUS P 2024 | Ruang Skripsi (AKUNTANSI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain