Text
TUGAS AKHIR PENYUSUNAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR UNTUK PENGARSIPAN SURAT PERTANGGUNG JAWABAN KEUANGAN PADA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN BPKAD KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tata kelola penyimpanan dan pengamanan pengarsipan SPJ Keuangan pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian BPKAD Kota Magelang dan menyusun SOP dalam pengarsipan Surat Pertanggungjawaban Keuangan pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian BPKAD Kota Magelang untuk meminimalisasi kesalahan. Objek penelitian dalam Tugas Akhir ini adalah Sub Bagian Umum dan Kepegawaian BPKAD Kota Magelang. Data penelitian ini yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengarsipan SPJ Keuangan pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian BPKAD Kota Magelang, masih dilakukan secara manual dan keterbatasan tempat membuat tata kelola ruang penyimpanan arsip tidak rapih. Oleh karena itu, perlu adanya penyusunan SOP pengarsipan SPJ Keuangan pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian BPKAD Kota Magelang. Penyusunan SOP pengarsipan SPJ Keuangan yang dilakukan oleh penulis dengan menjelaskan prosedur atau tahapan yang mudah dipahami dengan menggunakan flowchart atau bagan alir. Diharapkan dengan adanya SOP dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan arsip SPJ Keuangan, serta mendukung transparansi dan akuntabilitas di lingkungan BPKAD Kota Magelang khusunya di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
Kata kunci: SOP, Pengarsipan, SPJ, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian BPKAD Kota Magelang.
28-UN57.U1-D3AK-VII-2024 | AKUNTANSI FIT P 2024 | Ruang Skripsi (AKUNTANSI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain