Text
SKRIPSI PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN TWENTYONE.CAKE)
ABSTRAK
Pada era globalisasi saat ini perkembangan dunia kuliner semakin beraneka ragam. Salah satu bisnis kuliner yang saat ini mulai berkembang adalah toko kue. Toko kue menjual berbagai jenis kue, diantaranya adalah kue bolu, roll cake, kue tar, kue kering, bolen, kue tradisional, dan berbagai jenis kue lainnya. Twentyone.Cake adalah salah satu toko kue di Magelang yang menjual kue tar dan bento cake sebagai inovasi dari kue tar. Terdapat fenomena ketidaktercapaian omzet dan fluktuasi omzet Twentyone.Cake periode 2023 yang disebabkan oleh ketidakpuasan konsumen terkait harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan Twentyone.Cake pada ulasan Google Maps Twentyone.Cake dan keluhan secara langsung kepada pengelola Twentyone.Cake. Sebelum melakukan penelitian, telah dilakukan pra survei untuk memperkuat fenomena terkait ketidakpuasan konsumen Twentyone.Cake. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Twentyone.Cake. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, data yang digunakan diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 95 responden. Data primer yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis berdasarkan analisis regresi linear berganda dengan tingkat signifikasi sebesar 0,05 yang diuji menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,347. Sedangkan, kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi sebesar (0,002) dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi (0,001). Variabel Harga, kualitas produk, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai signifikansi 0,000. Kesimpulan pada penelitian ini, Twentyone.Cake diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk, kualitas pelayanan, inovasi, dan strategi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan konsumen.
Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
46-UN57.U1-SMJ-VI-2024 | MANAJEMEN NUG P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain