Text
SKRIPSI STRATEGI PEMASARAN GENTENG SUPER BERKAH SOKKA MASINAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF (STUDI KASUS PADA BISNIS GENTENG SUPER BERKAH SOKKA MASINAL DI KABUPATEN KEBUMEN)
ABSTRAK
Di Indonesia sektor industri digunakan sebagai penggerak bagi kemajuan sektorsektor lainnya. Industri kecil di Kabupaten Kebumen mempunyai berbagai macam jenis, salah satu diantaranya adalah industri kecil genteng. Banyaknya jumlah industri genteng di Kebumen membuat para pelaku usaha semakin dituntut untuk mempunyai strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan. Salah satunya Bisnis Genteng Super Berkah Sokka Masinal yang mengalami fluktuasi penjualan di setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan mencapai keunggulan kompetitif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT dan Keunggulan Kompetitif Porter. Hasil penelitian menghasilkan nilai sumbu X sebesar -0,15 dan nilai sumbu Y sebesar 1,15. Nilai tersebut menunjukan bahwa Bisnis Genteng Super Berkah Sokka Masinal berada pada kuadran III yang mana bisnis ini memiliki kelemahan namun masih sangat berpeluang. Untuk itu Bisnis Genteng Super Berkah Sokka Masinal dapat merumuskan strategi Weakness – Oppotunities (WO) untuk meningkatkan penjualan yaitu memaksimalkan penerapan teknologi sebagai media pemasaran, aktif membuat iklan yang kreatif dan menarik, meningkatkan kompetensi pemasaran melalui pelatihan dari dinas terkait dan beraliansi strategis dengan sesama industri genteng di Kecamatan Sruweng. Sedangkan strategi untuk mencapai keunggulan kompetitif menggunakan strategi diferensiasi.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan Penjualan, Keunggulan Kompetitif, SWOT, Kompetitif Porter
44-UN57.U1-SMJ-VI-2024 | MANAJEMEN RAH S 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain