Text
SKRIPSI PENGARUH E-SERVICE QUALITY, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI ULANG (STUDI PADA PENGGUNA TOKOPEDIA DI MAGELANG)
ABSTRAK
Banyaknya e-commerce yang hadir di Indonesia membuat persaingan bisnis semakin kompetitif, perusahaan dituntut untuk terus mengembangkan usahanya agar mampu bersaing dengan usaha sejenisnya. Tokopedia merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia dan pernah menjadi unicorn untuk perusahaan e-commerce yang berpengaruh di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Namun, seiring berjalannya waktu di tengah kondisi e-commerce yang semakin kompetitif, kepopuleran Tokopedia mulai terkalahkan oleh e-commerce Shopee dan e-commerce lainnya. Minat beli ulang menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis. Tingginya minat beli ulang konsumen terhadap perusahaan mengindentifikasikan bahwa konsumen tidak beralih preferensinya ke kompetitor. Maka dengan itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality, online customer review, dan promosi penjualan terhadap minat beli ulang pada pengguna Tokopedia di Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui survei secara online kepada 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan alat olah data SPSS versi 26. Secara parsial hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel e-service quality tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang. Sedangkan, online customer review dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang. Hasil uji F menunjukan hasil bahwa e-service quality, online customer review, dan promosi penjualan berpengaruh terhadap minat beli ulang.
Kata kunci: E-Service Quality, Online customer Review, Promosi Penjualan, Minat Beli Ulang
40-UN57.U1-SMJ-VI-2024 | MANAJEMEN REN P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain