Text
SKRIPSI PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN PENGGUNA GORIDE DI JAWA TENGAH)
ABSTRAK
Pemasaran merupakan kegiatan yang sangat vital karena berdampak pada kelangsungan usaha, keuntungan, dan pertumbuhan. Perkembangan teknologi informasi yang pesat di era digitalisasi modern menyebabkan perubahan struktur dasar ekonomi global, yang dirasakan oleh Indonesia sebagai negara berkembang dengan sistem ekonomi terbuka. Perkembangan teknologi ini bukan hanya di sektor manufaktur, namun juga berkembang pada sektor industri jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Manajemen (CRM), pomosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pengguna GoRide di Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan sampel penelitian ini sebanyak 155 responden yang merupakan pengguna jasa transportasi online GoRide di Jawa Tengah. Data dianalisis menggunakan IBM statistik SPSS versi 29. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel promosi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada jasa transportasi online GoRide di Jawa Tengah dengan nilai signifikansi 0,002 dan 0,001. Variabel Customer Relationship Management tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan GoRide di Jawa Tengah dengan nilai signifikansi > 0,05 yaitu 0,156. Diharapkan bagi perusahaan serta peneliti berikutnya untuk memperhatikan setiap variabel baik yang memiliki pengaruh maupun tidak terhadap loyalitas pelanggan GoRide di Jawa Tengah.
Kata Kunci: Customer Relationship Management (CRM), Promosi, Kualitas pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Transportasi Online.
52-UN57.U1-SMJ-VII-2024 | MANAJEMEN PRA P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain