Text
SKRIPSI ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF KOPERASI SIMPAN PINJAM ARTHA MITRA ABADI JAYA
ABSTRAK
Sektor keuangan merupakan sektor yang mengalami perkembangan secara pesat, salah satunya pada bidang perkoperasian. Koperasi Simpan Pinjam Artha Mitra Abadi Jaya adalah lembaga keuangan non bank yang memiliki jangkauan bisnis di beberapa kota Jawa Tengah. Adanya perkembangan Teknologi Informasi berdampak pada persaingan usaha yang semakin kompetitif memberikan ancaman terhadap keberlangsungan usaha Koperasi Simpan Pinjam Artha Mitra Abadi Jaya sehingga dalam hal ini diperlukan perumusan strategi yang tepat untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran untuk meningkatkan keunggulan kompetitif Koperasi Simpan Pinjam Artha Mitra Abadi Jaya. Data yang digunakan dalam penlitian ini adalah data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi serta didukung data sekunder yang diperoleh dari jurnal, buku, dana studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk merumuskan strategi Koperasi Simpan Pinjam Artha Mitra Abadi Jaya dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan urutan prioritas strategi alternatif yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menyatakan bahwa strategi alternatif yang menjadi prioritas untuk meningkatkan keunggulan kompetitif Koperasi Simpan Pinjam Artha Mitra Abadi Jaya yaitu dengan menyelenggarakan kampanye pemasaran dan edukasi tentang manajemen keuangan dan pengelolaan pinjaman melalui seminar keuangan, open house, atau kerjasama dengan bisnis lokal untuk memperkenalkan produk yang dimiliki Koperasi Simpan Pinjam Artha Mitra Abadi Jaya.
Kata Kunci: Koperasi Simpan Pinjam, SWOT, AHP
56-UN57.U1-SMJ-VII-2024 | MANAJEMEN MAR A 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain