Text
SKRIPSI PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LAPTOP MEREK ACER DI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Teknologi yang bertambah pesat dan semakin canggih memberikan banyak manfaat, salah satu teknologi yang dirasa sangat bermanfaat yaitu laptop. Laptop dapat menjadi alat pendukung bagi para pelajar, mahasiswa serta pekerja untuk terus berkembang dan maju demi menciptakan sdm yang cerdas. Salah satu merek laptop yang menguasai pasar adalah laptop Acer. Laptop Acer merupakan salah satu dari lima merek terkenal yang menguasai pasar di Indonesia menurut Top Brand Index tahun 2023. Walaupun masuk ke dalam kategori Top Brand Index, Acer mengalami penurunan yang signifikan dibanding merek lain pada tahun 2022-2023 yaitu 5,9% yang mengindikasikan adanya permasalahan dalam loyalitas pelanggan sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan laptop Acer di Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data yang digunakan melalui survei secara online kepada 100 responden penelitian yang menggunakan metode purposive sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pengguna laptop Acer yang pernah membeli laptop Acer lebih dari sekali. Analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik dan Uji Regresi Linier Berganda dengan bantuan alat olah data SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan harga dan citra merek memberikan hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil Uji F menunjukkan hasil bahwa variabel kualitas produk, harga, dan citra merek secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Citra Merek, Loyalitas Pelanggan.
62-UN57.U1-SMJ-VII-2024 | MANAJEMEN RAH P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain