Text
SKRIPSI EVALUASI LAYANAN FASILITAS RUMAH KHUSUS DI KOTA MAGELANG
INTISARI
Pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Indonesia zero backlog 2030 memiliki banyak tantangan yang dihadapi. diantaranya di Indonesia banyak dibangun kompleks Rumah Khusus (Rusus) serta Rusunawa. Namun Indikator yang berkaitan dengan kualitas layanan belum menjadi perhatian yang serius. Padahal indikator ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan secara komprehensif. Penelitian di Rusus Kota Magelang ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kualitas layanan yang ada berdasarkan indikator-indikator yang ada dalam Peraturan Walikota Kota Magelang Nomor 46 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Rumah Khusus. Pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara dan kuesioner. Jumlah responden ditentukan dengan rumus Slovin. Data yang terkumpul diuji validitas, reliabilitas, serta normalitas (Kolmogorov Smirnov) dengan software SPSS 26.0. Data yang didapat selanjutnya di analisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan dan Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk merangking tingkat kepentingan dari kualitas layanan Rusus di Kota Magelang dan digambarkan dalam bentuk diagram kartesius. Mengacu pada hasil analisis (CSI) diketahui bahwa nilai kepuasan penghuni Rusus terhadap kondisi layanannya sebesar 77.17% atau dapat diartikan “puas”. Selanjutnya berdasarkan hasil (IPA) diketahui masih ada Gap antara kepuasan dengan kepentingan setiap atribut yang ditinjau, serta didapatkan 9 atribut kualitas layanan (Rusus) berada pada kuadran I diagram kartesius. Mengacu pada hasil tersebut, diketahui bahwa 9 atribut layanan fasilitas Rusus yang ada masih perlu ditingkatkan.
Kata kunci: Rumah Khusus (Rusus), Customer Satisfaction Index (CSI), Importance-Performance Analysis (IPA), Kualitas Layanan.
37-UN57.U1-STS-VII-2024 | SIPIL QOM E 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain