Text
SKRIPSI ANALISIS EFEKTIVITAS JALUR SEPEDA DI KOTA MAGELANG DENGAN METODE BICYCLE LEVEL OF SERVICE (BLOS) DAN IDENTIFIKASI HAZARD SISI JALAN
INTISARI
Jalur sepeda merupakan perlengkapan jalan yang wajib dibangun pada lalu lintas umum. Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, disebutkan bahwa setiap jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan berupa fasilitas pesepeda, pejalan kaki dan penyandang cacat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas jalur sepeda serta mengidentifikasi hazard sisi jalan yang berpotensi membahayakan keselamatan pesepeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bicycle Level of Service (BLOS) dimana dalam perhitungannya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti volume lalu lintas, kondisi perkerasan, kecepatan kendaraan bermotor serta persentase kendaraan berat. Keselamatan pesepeda juga diperhatikan dengan mengidentifikasi objek yang memiliki potensi bahaya di sisi jalur sepeda. Berdasarkan hasil analisa perhitungan dengan metode BLOS di Jalan Jenderal Sudirman menghasilkan nilai 5,5 untuk sisi selatan dan 5,2 untuk sisi utara, berada pada rentang 4,5 – 5,5 dikategorikan E artinya lingkungan sangat kurang untuk sepeda (tidak dapat diterima pesepeda berpengalaman dan pesepeda dasar) dikarenakan volume lalu lintas yang tinggi. Diketahui dari hasil identifikasi hazard di jalur sepeda terdapat 43 titik teridentifikasi sebagai hazard yang membahayakan pengguna sepeda.
Kata kunci: Jalur Sepeda, Bicycle Level of Service, BLOS, Hazard Sisi Jalan
53-UN57.U1-STS-VII-2024 | SIPIL SHA A 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain