Text
SKRIPSI PENGARUH KELAS SOSIAL DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DIMEDIASI KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PENGGUNA SKINTIFIC DI JAWA TENGAH)
ABSTRAK
Semakin banyaknya persaingan diindustri kecantikan karena masyarakat yang terus sadar akan pentingnya merawat diri. Produk Skintific menjadi salah satu produk kecantikan yang bersaing dengan merek kecantikan lainnya. Skintific adalah suatu merek skincare dari Kanada. Merek Skintific memiliki banyak konsumen di Indonesia terutama dari kelas menengah ke atas karena meskipun harga yang cukup mahal tetapi banyak konsumen yang mendapatkan pengalaman positif terhadap produk. Produk ini bahkan dapat bersaing dan menjadi merek favorit bagi masyarakat dibandingkan merek lokal di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kelas Sosial (X1) dan Kelompok Referensi (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) dimediasi Keputusan Pembelian (Z) produk Skintific di Jawa Tengah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 150 responden. Data yang terkumpul diolah menggunakan SEM PLS dengan alat bantu SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel secara langsung berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, lalu Kelas Sosial secara langsung berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan sedangkan variabel Kelompok Referensi secara langsung tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Kemudian, hasil penelitian secara tidak langsung juga menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dimediasi Keputusan Pembelian. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa variabel Keputusan Pembelian dapat menjadi variabel mediasi Loyalitas Pelanggan atau variabel dependen.
Kata Kunci : Kelas Sosial, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian, Loyalitas Pelanggan
94-UN57.U1-SMJ-VII-2024 | MANAJEMEN GUN P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain