Text
SKRIPSI ANALISIS PRODUKTIVITAS WIRTGEN SP 500 TYPE SP 10 PADA PEKERJAAN RIGID PAVEMENT (STUDI KASUS: PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SOLO – YOGYAKARTA – NYIA KULONPROGO SEKSI 1 PAKET 1.1 STA 0+000 – 22+300)
INTISARI
Pembangunan jalan tol merupakan program pemerintah demi menunjang infrastruktur di Indonesia. Alat berat diperlukan untuk menunjang keberhasilan proyek berskala besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produktivitas rencana dengan realisasi alat berat Wirtgen SP 500 Type SP 10, membandingkan biaya produktivitas rencana dengan realisasi pekerjaan rigid pavement, dan faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas alat berat Wirtgen SP 500 Type SP 10. Metode yang digunakan dalam analisa produktivitas alat berat Wirtgen SP 500 Type SP 10 adalah dengan pengamatan langsung di Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Seksi 1 Paket 1.1 untuk mengetahui produktivitas dan kendala yang menghambat pekerjaan, selanjutnya menghitung waktu siklus berdasarkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan rata-rata produktivitas Wirtgen SP 500 Type SP 10 sebesar 33,62 m3/jam, batching plant sebesar 38 m3/jam, dan dump truck sebesar 36 m3/jam. Hasil perhitungan perbandingan biaya menunjukkan adanya kerugian pada lokasi 1 dengan rasio -4,35%, lokasi 2 dengan rasio -5,25%, dan lokasi 3 dengan rasio 0,9%. Penyebab adanya kerugian tersebut dikarenakan rata-rata ketebalan rigid 32 cm dan 33 cm, sedangkan desain rencana ketebalan rigid 30 cm. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas antara lain cuaca yang kurang mendukung, kurangnya jumlah armada, waktu siklus, dan produktivitas batching plant.
Kata kunci: Alat Berat; Produktivitas; Rigid Pavement; Waktu
46-UN57.U1-STS-VII-2024 | SIPIL EFE A 2024 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain