Text
SKRIPSI ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UMKM KERUPUK RAMBAK CAP PIALA (STUDI PADA UMKM KERUPUK RAMBAK CAP PIALA DESA DLIMAS KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG)
ABSTRAK
UMKM Kerupuk Rambak Cap Piala merupakan usaha produksi kerupuk rambak yang berada di Desa Dlimas Tegalrejo Magelang.UMKM ini memiliki 13 karyawan yang terdiri dari 10 karyawan perempuan dan 3 karyawan laki-laki. Jumlah Produksi kerupuk rambak cap Piala mengalami penurunan yang signifikan sehingga mengharuskan UMKM Kerupuk Rambak Cap Piala merumuskan strategi guna meningkatkan volume penjualan sehingga volume penjualan dapat terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi guna meningkatkan volume penjualan. Data yang digunakan penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Teknik analisis data penelitian meliputi analisis SWOT (Strengh, Weakness, Opportunity, Treaths) dan QSPM (Quantitative Strategic Planing Matrix). Berdasarkan analisis SWOT UKM Kerupuk Rambak Cap Piala berada pada Kuadran III yaitu UMKM mempunyai peluang yang sangat besar tapi disisi lain UMKM juga harus meminimalkan kelemahan internal sehingga dapat merebut pasar yang lebih baik. Berdasarkan analisis QSPM prioritas strategi untuk meningkatkan volume penjualan yaitu dengan melakukan promosi produk melalui media sosial dengan TAS sebesar 7,23, Selain itu UMKM diharapkan dapat memperbaiki kualitas produk serta meminimalkan kualitas produk yang kurang bagus dengan bahan baku yang selalu tersedia dengan TAS sebesar 7,11.UMKM diharapkan dapat menambahkan diversivikasi produk agar dapat bersaing dengan kompetitor dan memperluas jaringan bisnis dan aliansi strategis dengan nilai TAS sebesar 7,18.
Kata kunci: Strategi Pemasaran Penjualan, SWOT, dan QSPM
81-UN57.U1-SMJ-VII-2024 | MANAJEMEN ABA A 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain