Text
SKRIPSI PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED RISK TERHADAP INTENTION TO USE (STUDI PADA PENGGUNA BUKALAPAK)
ABSTRAK
Adanya kemajuan teknologi memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia. Hal itu berdampak pada bisnis di Indonesia. Dari kemudahan tersebut, masyarakat semakin diberikan ruang untuk melakukan berbagai macam kegiatan salah satunya transaksi jual beli melalui online. Hal ini dikenal dengan perdagangan elektronik (e-commerce). Terdapat beberapa e-commerce yang berkembang di Indonesia, di antaranya ada Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan Bukalapak. Persaingan e- commerce yang kompetitif menuntut Bukalapak untuk terus berinovasi dan memahami kebutuhan konsumen. Bukalapak memberikan kemudahan dan kegunaan kepada konsumen berupa fitur yang menarik agar konsumen bisa terus menggunakan Bukalapak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, dan perceived risk terhadap intention to use. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif dan menggunakan 150 responden sebagai sampel. Sampel responden ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling .Populasi dan sampel ini adalah para konsumen yang mempunyai niat untuk menggunakan Bukalapak. Analisis Regresi Linier Berganda, Uji t, dan Uji F digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Perceived ease of use secara parsial berpengaruh terhadap intention to use dengan nilai signifikansi (0,001). Perceived usefulness secara parsial berpengaruh terhadap intention to use nilai signifikansi (0,000). Perceived risk secara parsial tidak berpengaruh terhadap intention to use (0,267). Perceived ease of use, perceived usefulness, dan perceived risk berpengaruh secara simultan terhadap intention to use.
Kata Kunci : Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, Intention To Use, Bukalapak
92-UN57.U1-SMJ-VII-2024 | MANAJEMEN RIZ P 2024 | Ruang Skripsi (MANAJEMEN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain