Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MENGGUNAKAN METODE INKUIRI BERBANTUAN MEDIA VIDEO DOKUMENTER CANDI SELOGRIYO
ABSTRAK
Rahmawati, Naffisa. 2024. “Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Peserta Didik Kelas VIII Menggunakan Metode Inkuiri Berbantuan Media Video Dokumenter Candi Selogriyo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, M. Pd., Pembimbing II Irsyadi Shalima, S. S., M.A.
Keterampilan menulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa. Berdasarkan kegiatan observasi di SMPN 1 Grabag, SMPN 1 Bandongan, SMPN 1 Windusari, dan SMPN 3 Secang terdapat permasalahan pada penggunaan metode pembelajaran yang belum maksimal. Hal tersebut menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam menulis teks laporan hasil observasi. Gagasan solusi pada permasalahan ialah mengembangkan model pembelajaran dengan metode inkuiri berbantuan media video dokumenter Candi Selogriyo yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan cara berpikir kritis peserta didik dalam memperoleh data pada pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi.
Tujuan pada penelitian, yaitu mendeskripsikan analisis pengembangan, menghasilkan model pembelajaran dengan metode inkuiri berbantuan media video dokumenter Candi Selogriyo yang dinyatakan valid dan layak digunakan, dan mengembangkan model pembelajaran dengan metode inkuiri berbantuan media video dokumenter Candi Selogriyo.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Tahap penelitian meliputi, analisis kondisi dan kebutuhan pengembangan, mendesain produk, dan mengembangkan model pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan mengolah data angket kebutuhan pengembangan dan hasil wawancara. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian pengembangan, yaitu kebutuhan pengembangan memerlukan model pembelajaran menggunakan metode inkuiri berbantuan media video dokumenter, menghasilkan produk berupa buku panduan dan media video dokumenter Candi Selogriyo. Model pembelajaran memiliki kualifikasi “Sangat Valid”, kelayakan “Sangat Layak” dengan persentase 90%. Media pembelajaran memiliki kualifikasi “Sangat Valid”, kelayakan”Sangat Layak” dengan persentase 100%.
Saran penelitian ditujukan kepada beberapa pihak, seperti penelitian selanjutnya, peserta didik, dan pendidik. Pihak tersebut diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri berbantuan media video dokumenter Candi Selogriyo.
Kata Kunci: media video dokumenter, metode inkuiri, teks laporan hasil observasi
34-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA RAH P 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain