Text
SKRIPSI PENGARUH GAYA BELAJAR DAN PENGUASAAN TATA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO
ABSTRAK
Sahroini, Halifah. (2024). “Pengaruh Gaya Belajar dan Penguasaan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Hari Wahyono, M. Pd., Pembimbing II Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Penelitian yang berjudul “Pengaruh Gaya Belajar dan Penguasaan Tata Bahasa terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato” dilatarbelakangi oleh adanya faktor yang menyebabkan kemampuan menulis yakni gaya belajar dan penguasaan tata bahasa. Faktor tersebut yang memengaruhi tingkat kemampuan menulis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Magelang dan SMP Negeri 10 Magelang.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan adanya pengaruh gaya belajar dan penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks pidato di SMP Negeri 9 Magelang dan SMP Negeri 10 Magelang, dan (2) memperoleh informasi mengenai besar pengaruh gaya belajar dan penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks pidato di SMP Negeri 9 Magelang dan SMP Negeri 10 Magelang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Magelang dan SMP Negeri 10 Magelang dengan sampel berjumlah 61 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh gaya belajar dan penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks pidato dengan hasil perhitungan uji regresi linier berganda tingkat signifikansi sebesar 0,02 < 0,05 dan (2) besar pengaruh gaya belajar dan penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks pidato dengan hasil uji regresi berganda diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,198 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 19,8%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan untuk bahan evaluasi proses belajar mengajar pada siswa kelas VIII mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Magelang dan SMP Negeri 10 Magelang.
Kata Kunci: gaya belajar, kemampuan menulis, penguasaan, tata bahasa, teks pidato
31-UN57.U1-SIN-VII-2024 | INDONESIA SAH P 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain